Sabtu, 07 Januari 2017

Definisi Origami

Kata Origami (折り紙) berasal dari bahasa Jepang yaitu ori (折り) berarti lipat dan kami () yang berarti kertas. Secara harafiah, origami adalah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan origami yang digunakan biasanya berupa kertas atau kain yang berbentuk persegi (wikipedia)

Origami bangau (sumber: wikipedia)

Berikut adalah definisi origami berdasarkan beberapa ahli:
1. Menurut Hira Karmachela (2008), kata origami berasal dari kata oru (melipat) dan kami (kertas). Ketika dua kata tersebut digabungkan ada mengalami sedikit perubahan yaitu kata kami menjadi gami. Namum tidak mengubah makna kata tersebut, yaitu origami adalaj melipat kertas.

2. Dr. Sumanto (2006) mengemukakan bahwa origami adalah suatu teknik berkarya seni/ kerajinan tangan yang umumnya dibuat dari bahan kertas dengan tujuan untuk menghasilkan aneka bentuk main, hiasan, benda, fungsional, alat peraga, dan kreasi lainnya.

3. Menurut kamus webster’s Third New International (seperti yang dikutip Isao Honda, 1965) origami merupakan seni melipat kertas dari Jepang atau sesuatu (menampilkan bentuk dari burung, serangga, dan bunga) yang dihasilkan dari seni melipat kertas.

Berdasarkan definisi diatas, saya menyimpulkan origami atau seni melipat adalah seni lipat yang berasal dari Jepang yang umunya dibuat dari bahan kertas untuk menghasilkan model objek-objek berdasarkan imajinasi pembuatnya.


Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Origami
http://www.e-jurnal.com/2014/03/pengertian-origami.html


3 komentar:

  1. Fellyn, bisa bikin origami mawar gak? Kalau bisa mau step by stepnya dong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok. Nanti bakal ada postingan step by step membuat origami mawar. Nantikan ya ^^

      Hapus