Sabtu, 07 Januari 2017

Jenis Kertas Origami


Di dalam origami, kertas menjadi hal utama dari sebuah penciptaan sebuah karya seni. Banyak kertas yang bisa dipakai untuk membuat origami. Hasil karya origami sangat ditentukan dalam jenis kertas yang digunakan. Jenis-jenis kertas yang biasanya digunakan dalam membuat origami adalah:

1. Washi

Washi merupakan kertas origami khas dari Jepang yang berkualitas tinggi, sangat tipis, dan memiliki tekstur sedikit kasar. Kertas ini tidak dibuat untuk produksi yang besar seperti kertas-kertas lainnya, bahan untuk membuat kertas ini juga tidak mudah ditemukan. Kertas ini dibuat tanpa menggunakan mesin. Kertas ini dibuat secara manual yaitu dengan menggunakan tangan dengan memakai teknik-teknik tradisional dari Jepang. Oleh karena itu, harga dari kertas ini tergolong lebih mahal dibandingkan kertas lipat lainnya. Kertas washi ini memiliki motif yang unik sehingga sering digunakan untuk membuat washi ningyo (boneka yang terbuat dari  washi) dan biasanya digunakan oleh seniman origami yang sudah ahli.


2. Chiyogami

Chiyogami memiliki tekstur dan ketebalan yang sama dengan washi, akan tetapi kertas ini memiliki motif yang unik dan tersendiri yang menjadi pembeda dengan motif yang lainnya. Terkadang pada kertas ini ditambahkan aksen warna emas pada motifnya yang membuat kertas ini menjadi lebih bagus. Jika diperhatikan secara seksama, kertas ini memiliki tekstur lebih halus dan lebih cenderung seperti kertas HVS (copy paper).  Motif yang dapat ditemui dalam kertas ini seperti motif bunga sakura, kereta kuda, hingga motif burung bangau dengan warna pastel. Kertas ini cocok untuk origami yang tidak memiliki terlalu banyak lipatan seperti benduk dompet ataupun buku.


3. Origami paper (Kertas Origami)

Kertas dengan bentuk persegi yang terbuat dari kertas HVS (copy paper). Kertas ini dapat dibagi menjadi berberapa jenis berdasarkan motifnya yaitu polos (tidak bermotif), 1 sisi bermotif, dan 2 sisi bermotif. Motif yang biasa digunakan dapat berupa hewan atau tumbuhan.




4.  Gold Foil Paper (Kertas Emas)

Kertas emas ini memiliki tekstur yang agak tebal dengan permukaan yang mengkilat. Sering digunakan saat membuat origami berupa pakaian serta mahkota raja dan ratu. Kertas ini masih jarang ditemukan di Indonesia. Karena kertas ini belum secara khusus diproduksi sebagai kertas origami, sehingga kita harus memotong sendiri kertas tersebut. Selain itu kualitas kertas ini masih belum bagus dan tergolong sulit digunakan. Hal ini dikarenakan jika kertas tersebut terlipat, maka bekas lipatan akan terlihat sangat jelas. Sehingga harus lebih berhati-hati saat menggunakan kertas ini untuk melipat origami.


Referensi:
Sumber Gambar:
http://www.papermojo.com/Washi-Paper-Potluck-Packs_c_250.html




12 komentar:

  1. apakah kertas chiyogami ada di indonesia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja ada. Hanya untuk penjualannya masi terbatas. Berikut aku share link yang menjual kertas chiyogami:
      http://www.papeldelarte.com/products/38/0/Japan-Origami-Paper-Import/
      http://www.smartyhands.com/id/moreinfo.cfm?product_id=18488

      Hapus
  2. Apakah Gold Foil Paper secara khusus digunakan untuk melipat bentuk origami tertentu? Kalau iya, apa bentuk origami itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gold foil paper tidak hanya digunakan untuk melihat origami bentuk tertentu. Namun karena permukaan kertasnya yang mengkilat, sering digunakan untuk melipat origami yang memerlukan efek shining. Contohnya seperti origami mahkota

      Hapus
  3. ternyata ada banyak jenis kertas origami. thanks infonya

    BalasHapus
  4. terima kasih infonya, kak
    beliin kertasnya dong....

    BalasHapus
  5. Kertas yang <40 gsm ada dijual di indo ga ?

    BalasHapus
  6. dimana saya harus membeli kertas washi yg teksturnya kaku dan kasar seperti amplas?

    BalasHapus